Minggu, 21 Oktober 2012

SEXTANS

Jenis Jenis Alat Navigasi diatas Kapal Bagian Empat

Beragam kegunaan dan jenis jenis alat navigasi yang di gunakan di atas kapal,kali ini kita mengulas informasi pokon pokoknya saja dari kegunaan alat navigasi tersebut.Dari sextant,Azimuth circle,pedoman gasing ,pedoman magnet,dan macam macam alat baringn di atas kapal yang kita gunakan sehari hari.Jenis


jenis alat navigasi tersebut hanya sebagai alat bantu kita dalam berlayar dalam menentukan posisi dan kecepatan kapal serta mempermudah kita dalam melakukan tugas dalam keseharian di atas kapal.Adapun alat navigasi tersebut adalah :
Bagian bagian sextant
1.kerangka (framo)
2.handle / gagang
3.lembidang busur
4.sekrup / clamb
5.nonius (micrometer drum)
6.teropong
(teropong panjang menghasilka bayangan mata terbalik)
(teropong pendek menghasilkan bayangan semu tegang)
7.penyangga teropong
8.dua (2) kaca berwarna




Kesalahankesalahan pada sextant
Ada 7 kesalahan tapi 3 anyg tdak dapat di perbaiki:
1.kesalahan prismatik disebabkan oleh kaca berwarna
2.kesalahan pembagian skala (graduation error) terjadi pada bagian bagian lembidang busur, tromol micrometer, dan vernier/nonius karena penguratan yang salah
3.kesalahan sentries
Adapun kesalahan kesalahan  yang berhubungan dengan tegang lurusan cermin bias di perbaiki sendiri.

Koreksi koreksi pada sextant
1.koreksi index / kolinamasi
2.koreksi tinggi mata
3.Koreksi tinggi benda angkasa
4.koreksi repraksi (pembiasan)
5.semi diameter koreksi
6.koreksi parallax

Macam macam alat baring
1.model alat baring jarum semat
2.model alat baring pejela celah benang
3.model alat baring Thomson

Azimuth circle
Pejela celah benang dengan tambahan alat khusus prisma pantul 45’ yg dirancang untuk menghitung azimuth matahari
Prinsip kerja pedoman magnet
Prinsip kerjanya tergantung pada sifat sifat sebuah magnet batang dan pengaruh medan magnet bumi

Prinsip kerja pedoman gyro
Prinsip kerja nya tidak tergantung pada sifat sipat magnet melainkan pada cara kerja sebuah gyroscope yg tergantung pada sumber tenaga listrik kapal


Pedoman magnet kering
Bagian2 pedoman magnet kering
1.piringan pedoman
2.ketel pedoman
3.cincin lenza (penggantung)
4.rumah pedoman\

Pedoman magnet basah
Bagian2 pedoman magnet basah
1.tutup kaca
2.tanduk
3.sumbat untuk menambah cairan
4.pengapung
5.batang magnet dalam bumbung kuningan
6.semat
7.tromol berpegas
8.jembatan kuning untuk menyangga semat
9.pemberat
10.ketel
11.cairan

 Tiga jenis pedoman magnet di kapal
1.pedoman standar
2.pedoman kemudi
3.pedoman darurat
4.pedoman sekoci (berdiri sendiri)

Syarat syarat piringan pedoman yang baik
1.harus ringan,sungkup piringan bagian bawah harus licin
2.tidak memiliki kesalahan kolimasi
3.pembagian derajat harus jelas dan mudah dibaca
4.besarnya piringan harus seimbang dengan besar ketel
5.piringan pedoman harus tenang
6.piringan pedoman harus peka
7.waktu ayun piringan harus cukup besar, min 14 det

Salah kolimasi piringan pedoman
Sudut penyimpangan antara jarum jarum magnet dan garis hubung arah utara-selatan mawar pedoman

Syarat ketel pedoman yang baik
1.tidak boleh mengandung magnet
2.tutup kaca bening bagian datar harus datar
3.dalam setiap keadaan posisi ketel tidak boleh menyentuh bagian bagian pedoman yang lain
4.semat/pasak pedoman harus benar benar  terpasang vertical
5.tuas/paku pada kaca bening harus tepat di titik pusat piringan/mawar pedoman
6.garis layar tepat pada bidang lunas tinggi kapal

Panjang tali pelopor / simson tiller rope (+-  60 -75 m)
1.Kecepatan 10 mil/jam= 40 depa
2.kecepatan 15 mil/jam= 50-55 depa
3.kecepatan 18 mil/jam= 65-70

skal beaufart adalah
sebuah alat untuk mengukur kekuatan angin laut di publikasikan tahun 1808 yang member angka2 skala 0-12 cm


pengertian Clock speed
adalah ukuran dari seberapa besar kecepatan  menyelesaikan perhitungan dasar dan operasi. Ini diukur sebagai dalam frekuensi `hertz, dan paling sering mengacu pada kecepatan CPU vatau Central Processing Unit. 

Water reperance
merupakan sebuah fungsi yang digunakan untuk mengganti karakter tertentu yang terdapat di dalam sebuah isi variabel dia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar